Prodi D3 - Kebidanan

SEJARAH:

Program Studi D-III kebidanan STIkes Imelda didirikan pada tahun 2002 dengan ijin Mentri  Pendidikan nomor 82/D/O/2002. Pendidikan D-III kebidanan merupakan pendidikan vokasional  dengan lama pendidikan sebanyak 6 semester, pembelajaran dilaksanakan on campus terbagi menjadi pembelajaran teori, praktek laboratorium, dan praktik klinik yang dilaksanakan di lahan praktek (Klinik bersalin, Puskesmas dan desa). STIkes Imelda memberikan sarana dan prasarana untuk mahasiswa melaksanakan ekstra kurikuler seperti les komputer, bahasa inggris, kegiatan olah raga, paskibra, paduan suara. Mahasiswa D-III Kebidanan STIKes Imelda yang berdomisilisi di luar kota  juga di sedikan  asrama yang nyaman dan fasilitas selama menjalani pendidikan.

VISI:

Menjadi program studi D-III Kebidanan yang unggul dalam menghasilkan Ahli Madya kebidanan yang profesional dalam bidang kesehatan bayi dan anak di tingkat Nasional pada tahun 2023.

MISI:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang kebidanan yang berkualitas, efisien, efektif dan berorientasi kepada ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta cinta tanah air dan bangsa.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah yang mampu memberikan kontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kebidanan serta mampu memberikan solusi dalam berbagai persoalan Kesehatan Ibu dan Anak.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, yang mendukung upaya peningkatan peran bidan terutama dalam mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan ibu dan anak

TUJUAN:

  1. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang jujur dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, taat melaksanakan ajaran agamanya serta mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang kompeten dalam melaksanakan asuhan kebidanan dan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  4. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas
  1. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat khususnya dalam bidang Kesehatan Ibu dan Anak.
  2. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang mampu melaksanakan profesinya, memformulasikan pemecahan masalah prosedural, mengelola kelompok kerja dengan baik.
  3. Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.

KEUNGGULAN:

Progran studi diploma 3 kebidanan memiliki keunggulan dalam bidang Kesehatan bayi dan anak yang di dukung oleh Laboratorium Simulasi (BKIA, Ruang bersalin, perinatologi, NICU, IGD Kebidanan) ditambah tersedianya lboratorium untuk melatih skill mahasiswa Lab, ANC, APN, Nifas, Neonatus, KB dan patologi, hotspot area untuk akses internet gratis, electronik library untuk kemudahan akses perputakaan.






No Uraian Jumlah
1 Pendaftaran 200.000
2 Dana Pengembangan Akademik 4.900.000
3 Dana SPP (Kuliah/semester) 3.000.000
4 Dana Praktikum/ Semester 500.000
5 PPS/ Tes Kesehatan (Sekali Saja) 500.000
Total 9.100.000

No Unit Mitra Kategori Sub Kategori Negara Tahun Tanggal Mulai Tanggal Selesai