Prodi S1 - Farmasi

PROFIL SINGKAT:

Program Studi Sarjana Farmasi STIKes Imelda merupakan salah satu program studi sarjana (S1) dari tiga (3) jenis program studi sarjana yang sudah berdiri di STIKes Imelda. Prodi Sarjana Farmasi merupakan prodi baru yang sudah berdiri pada tahun 2016 berdasarkan pada SK Pendirian Program Studi : SK No. 282/KPT/I/2016 oleh Menristek Dikti. Prodi Sarjana Farmasi sudah memiliki tiga (3) Angkatan Mahasiswa yang telah mengikuti Proses Belajar Mengajar (PBL). Keunggulan utama pendidikan di prodi sarjana Farmasi adalah terfokus kepada bidang Farmasi Klinis dimana lama pendidikan yang ditempuh oleh mahasiswa kami adalah 8 semester dengan jumlah SKS yang dicapai adalah 146 SKS, dimana di dalam pelaksanaan PBL di kelas sudah menerapkan metode pembelajaran berbasis  Student Centered Learning (SCL). Prodi Sarjana Farmasi. Untuk menciptakan suasana akademik yang positif, nyaman dan baik bagi mahasiswa untuk mendukung aktivitas belajarnya, maka pihak kampus sudah menyediakan fasilatas-fasilitas yang baik dan memadai antara lain : Rumah sakit tipe B sebagai lahan praktik langsung bagi mahasiswa, Perpustakaan, Laboratorium-laboratorium yang terstandar, Arena Olahraga, Spot Wifi, Kantin, Mushola.

VISI:

Menjadi program studi yang unggul dalam  menghasilkan sarjana farmasi yang profesional dan berbudaya mutu di bidang farmasi klinis berbasis pelayanan sehingga mampu bersaing di tingkat Sumatera Utara pada tahun 2021.

MISI:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran berdasarkan kurikulum SNPT mengacu pada KKNI untuk menghasilkan Sarjana Farmasi yang berkompeten dan profesional di bidang farmasi klinik serta penguatan dalam penggunaan teknologi modern dan komunikasi interpersonal yang efisien, efektif dan optimal.
  2. Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan publikasi ilmiah yang mampu memberikan kontribusi kepada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan pembangunan dalam bidang farmasi khususnya dalam bidang farmasi klinik.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabadian masyarakat di bidang farmasi yang mendukung upaya peningkatan pendidikan masyarakat dan kesejahteraan  masyarakat khususnya dalam bidang farmasi klinik dengan menggunakan teknologi modern yang diperoleh dari hasil penelitian serta mengandalkan komunikasi interpersonal.
  4. Melaksanakan kegiatan ilmiah seperti seminar, simposium, sarasehan, diskusi panel, workshop, pelatihan, forum diskusi tim medis dan kegiatan lainnya yang mendukung pengembangan ilmu pengetauan dan teknologi farmasi klinik serta mencari alternatif solusi berbagai permasalahan profesi di tingkat Nasional.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak instansi kesehatan dan pendidikan baik pemerintah maupun swasta di dalam dan di luar negeri dalam rangka memberhasilkan pelaksanaan berbagai kegiatan praktik, penelitian, pengabdian masyarakat, pengembangan kurikulum dan berbagai aktifitas lainnya.

TUJUAN:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana farmasi yang profesional, kompeten dibidang farmasi klinis berfokus pada pelayanan, memiliki integritas yang baik, humanis, mandiri, inovatif dan berwawasan nasional.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan pelayanan kefarmasian sehingga mampu bekerjasama secara profesional dengan seluruh stakeholder/instansi pemerintah.
  3. Menghasilkan penelitian yang dapat bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Farmasi Klinis, serta untuk mmeberikan solusi terhadap masalah kesehatan masyarakat.
  4. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas hidup, produktivitas dan derajat kesehatan masyarakat, bangsa dan negara.
  5. Menghasilkan pelayanan operasional akademik dan non akademik yang profesional serta pelaksanaan berbasis mutu dan benchmarking secara berkelanjutan.
  6. Membangun/membentuk jaringan kerjasama dengan berbagai institusi pendidikan di dalam dan diluar negeri, unit pelayanan kesehatan, profesi kesehatan dan lembaga kemasyarakatan serta dengan berpartisipasi masyarakat dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi
  7. Terciptanya atmosfir akademik dan non akademik yang kondusif untuk penyelenggaraan tatakelola dan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dalam mendukung budaya mutu.

 






No Uraian Jumlah
1 Pendaftaran 200.000
2 Dana Pengembangan Akademik 3.300.000
3 Dana SPP (Kuliah/semester) 3.000.000
4 Dana Praktikum/ Semester 500.000
5 PPS/ Tes Kesehatan (Sekali Saja) 500.000
Total 7.500.000

No Unit Mitra Kategori Sub Kategori Negara Tahun Tanggal Mulai Tanggal Selesai